Aplikasi Sedikit tetapi Memori Internal Android Penuh? Ini Cara Mengatasinya

Mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit - Enak-enaknya cari aplikasi dan games di Google Play eh tiba-tiba ada peringatan yang isinya Ruang Penyimpanan Tidak Cukup. Perasaan aplikasi kita sedikit tetapi kok muncul gitu terus setiap mau download?. Tenang kita punya solusinya yaitu dengan cara bersihkan cache, hapus folder thumbnail dan gunakan aplikasi pihak ketiga untuk memanajemen kapasitas file manajer pada Smartphone kalian.

Berikut cara-caranya:

1. Bersihkan cache 


Mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit

Cara ini bisa kita lakukan dengan mudah yaitu tinggal masuk ke menu pengaturan lalu menuju penyimpanan dan biasanya ada tulisan cache entah itu Hapus Cache Aplikasi ataupun Data dalam cache. Jika kalian tidak segera menghapus cache aplikasi di gadget dan akhirnya dapat menumpuk menyebabkan kinerja ponsel menjadi lambat.


2. Hapus file yang tidak Berguna

Mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit

Mungkin file ini tidak kelihatan karena terletak di folder yang disembunyikan dengan cara memberikan awalan tanda titik pada namanya. Setiap file di folder ini berukuran kecil namun bayangkan jika jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan, kebayangkan?.
Caranya silahkan menuju File Manajer lalu ke folder DCIM/ dan biasanya ada pilihan menu Tampilkan menu tersembunyi lalu pilih nah folder yang bernama .thumbnails akan muncul lalu masuk ke folder tersebut lalu hapus deh semua filenya. Tenang aman kok kalau dihapus semua.

3. Antisipasi sebelumnya menggunakan aplikasi ES File Manajer

Mengatasi memori internal android penuh padahal aplikasi sedikit

Aplikasi ini berguna sekali untuk memanajemen Penyimpanan kita. Fiturnya cukup lengkap meliputi Keranjang Sampah, Mengurutkan file-file dengan ukuran terbesar, lalu ada juga fitur yang dapat Kalian gunakan untuk berbagi file dengan PC


Kesimpulannya, Pantau kapasitas penyimpanan anda, jangan paksakan mengunduh file yang besar dan bersihkan file-file yang tidak berguna. dengan cara itu kita dapat lagi menginstal Game/Aplikasi lagi. Jika tidak berhasil cara terakhir yang dapat dilakukan adalah hapus Aplikasi/Game yang menurut kalian tidak terpakai lagi atau membosankan.
Previous
Next Post »