Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) Dengan Instal Ulang (Flashing)

Halo semua jumpa lagi dengan saya admin dari Droid Nez, kali ini untuk Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) Dengan Cara Instal Ulang (Flashing)

Bootloop merupakan sebuah kasus dimana sebuah perangkat android mengalami gagal booting yang di sebabkan oleh kerusakan pada bagian Software (perangkat lunak) misal nya pada System Operasi, namun ada juga pada yang di sebabkan oleh aplikasi yang di instal.

Beberapa tanda yang sering di temui saat terjadi Bootloop adalah smartphone Android akan melakukan booting berkali-kali namun tidak bisa masuk ke halaman home screen, hal ini menandakan Smartphone tersebut sudah mengalami Bootloop garis keras, dan ada juga yang mengalami proses booting yang lumayan lama, tetapi masih bisa masuk home screen, hal ini menandakan sudah terdapat masalah pada System Operasi Smartphone android tersebut.

Penyebab terjadi nya Bootloop pada Smartphone android bisa di sebabkan bebagai macam, misalnya kesalahan saat melakukan Update, melakukan proses rooting, mengganti rom dengan rom custom, menginstal aplikasi dari pihak luar, dan lainnya.

Sebenarnya cara mencegah terjadi nya Bootloop sangatlah mudah, kamu cukup melakukan perawatan yang baik terhadap Smartphone kamu, seperti jangan melakukan root dan tindak kan yang tidak di anjurkan oleh pihat vendor sang Smartphone.

Meskipun sudah melakukan pencegahan dan bootloop tetap saja terjadi, maka kamu tak perlu kwatir, karena kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan proses instalasi ulang software kepada Smartphone tersebut.

Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) Dengan Instal Ulang (Flashing)

Dan kali ini saya akan membagikan tutorial mengatasi Bootloop dengan melakukan instal ulang (flashing) firmware untuk Smartphone Sony Xperia Z3 Compact (D5803). jadi buat kamu yang Sony Xperia Z3 Compact (D5803) mengalami bootloop silahkan ikuti tutorial ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Disclaimer
Semua kerusakan yang terjadi akibat mengikuti tutorial ini menjadi tanggung jawab kamu masing-masing


Bahan mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) dengan instal ulang (Flashing)

  1. Flashtool -> Link
  2. Firmware Sony Xperia Z3 Compact (D5803) (6.0.1) Global ROM -> Link
  3. Firmware Sony Xperia Z3 Compact (D5803) (5.1.1) Global ROM -> Link
  4. Firmware Sony Xperia Z3 Compact (D5803) (5.0.2) Global ROM -> Link
  5. Firmware Sony Xperia Z3 Compact (D5803) (4.4.4) Global ROM -> Link
  6. Kabel USB
  7. Baterai di atas 70%
  8. PC/Laptop

Silahkan kamu pilih salah satu dari firmware di atas yang ingin kamu gunakan, kalau mau upgrade ya kamu tinggal pilih aja firmware yang paling baru, kalau mau melakukan downgrade silahkan pilih firmware yang versi lama.

Langkah mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) dengan instal ulang (Flashing)

#1. Instal flashtool.

#2. Instal driver flashtool yang ada di Local Disk C / Flashtool / driver.

#3. Buka flashtool yang telah kamu instal.

#4. Buat satu folder dengan nama "firmware" (simpan di tempat yang gampang kamu cari) lalu pindahkan file firmware yang sudah kamu download tadi ke dalam folder tersebut.

#5. Balik lagi ke flashtool klik tanda "petir" di pojok kanan flashtool kamu lalu pilih "flash mode"

#6. Disini kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di bawah ini, klik kolom "no.1" lalu cari dimana kamu meletakkan folder yang kamu buat tadi, jika sudah maka akan muncul tipe smartphone yang akan kamu instal, silahkan kamu klik di nama Smartphone tersebut hingga muncul nomor firmware nya, lihat kolom "no.2" jika sudah maka akan muncul menu-menu seperti kolom "no.3" jika ingin menghapus data silahkan cek lis "USERDATA"

Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) Dengan Instal Ulang (Flashing)

#7. Jika semua sudah sesuai dengan gambar di atas silahkan kamu klik tombol “Flash”

#8. Matikan Sony Xperia Z3 Compact (D5803), lalu tunggu hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini silahkan hubungkan Sony Xperia Z3 Compact (D5803) ke PC dalam keadaan mati sambil menekan tombol "volume down/bawah" jika muncul lampu berwarna hijau maka kamu berhasil masuk ke flash mode dan proses instalasi akan berjalan. Jika ada muncul peringatan silahkan pilih "yes"

Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) Dengan Instal Ulang (Flashing)

#9. Saat proses instalali maka akan muncul bar berwarna "hijau" di flashtool tunggu hingga bar tersebut penuh dan terdapat pembeitahuan "flashing finished"

#10. Silahkan cabut Sony Xperia Z3 Compact (D5803) kamu dari PC dan hidupkan.

#11. Selesai.

Jika terjadi kendala saat melakukan tutorial diatas silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah.

Demikianlah Tutorial Mengatasi Bootloop Sony Xperia Z3 Compact (D5803) Dengan Cara Instal Ulang (Flashing). Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca juga >
Previous
Next Post »