Update Mi 5C Ke MIUI 9 Stable Tanpa PC Via Updater

Beberapa bulan yang lalu tepatnya tanggal 26 Juli 2017 di china Xiaomi secara resmi mengumumkan user interface terbaru mereka yang di beri nama MIUI 9 berbasis android nougat 7.0 dalam peluncuran nya Xiaomi memberitahukan beberapa fitur andalan pada MIUI 9 yang membuat kamu tidak sabar untuk melakukan update ke MIUI 9 ini.

Namun tidak ada salahnya sebelum kamu melakukan update ada baiknya untuk membaca sedikit tentang fitur-fitur baru yang terdapat pada MIUI 9, yang nantinya bisa menjadi alasan untuk meng update atau tidak Smartphone Xiaomi kamu ke MIUI 9.

Berikut beberapa fitur unggulan dari MIUI 9


#1.Image Search

Fitur ini akan sangat membantu ketika kamu sedang melakukan pencarian foto/gambar di mesin pencari, dengan adanya fitur ini maka pencarian akan lebih cepat dan juga sesuai yang kamu inginkan. Dan juga kamu bisa mencari foto berdasarkan tempat bahkan screnshoot.

#2.Smart Assistant

Asisten pintar yang di hadirkan oleh Xiaomi khusus untuk membantu untuk menjalani kegiatan harian, seperti mencari info dan foto di internet.

#3.Smart App Launcher

Dengan fitur ini kamu akan lebih mudah untuk membuka aplikasi tertentu sesuai konten yang ada di layar. Misalnya kamu sedang membaca berita atau membuka lokasi tempat wisata, maka ponsel akan merekomendasikan aplikasi yang sesuai di bagian dengan tema yang sedang kamu buka.

#4.System Optimizations

Fitur ini di berikan Xiaomi akibat banyak yang mengeluh bahwa MIUI 8 terasa berat namun dengan ada nya fitur System Optimizations di MIUI 9 maka Xiaomi berani mengatakan bahwa MIUI 9 lebih ringan dan cepat. Fitur ini juga mendukung pembersihan otomatis, optimalisasi akselerasi CPU, cache management, optimasi thread scheduling, dan masih banyak lagi. Intinya fitur ini berfungsi untuk mengoptimalkan hardware dan software Smartphone.

#5.Split-Screen Multitasking

Fitur ini akan sangat berguna buat Kamu yang suka menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking) fitur ini akan membagi layar Smartphone menjadi 2 bagian sehingga kamu bisa menjalankan 2 aplikasi dalam 1 layar secara bersamaan.

Di atas hanya terdapat 5 fitur utama dari MIUI 9 jika kamu merasa masih kurang yakin dengan MIUI 9 kamu bisa membaca secara lebih detil tentang MIUI 9 di web official Xiaomi disini.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara update Xiaomi Mi 5C ke MIUI 9 Stable / stabil. Perlu kamu tahu bahwa Mi 5C merupakan Smartphone yang di luncurkan oleh Xiaomi yang ditujukan untuk kelas menengah dengan harga yang murah dan yang menarik dari Smartphone ini adalah karena dia menggunakan chipset buatan Xiaomi sendiri.

Mi 5C di bekali spesifikasi antara lain ram 3GB internal memory 64GB serta kamera depan 8MP dan kamera utama berevolusi 12MP. Berikut saya lampirkan spesifikasi kunci dari Mi 5C.

Update Mi 5C Ke MIUI 9 Stable Tanpa PC Via Updater

Berikut adalah Spesifikasi kunci dari Xiaomi Mi 5C

  • Body:stainless steel body, curved all around
  • Screen:5.15 inches, 73.1 cm2 (~72.6% screen-to-body ratio)
  • OS: Android OS v7.1.1 Nougat with MIUI 8.2
  • Chipset: Xiaomi Surge S1 Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A53 & 4x1.4 GHz Cortex-A53) 3GB ram
  • Camera: 12 MP (f/2.2, 27mm, 1.25 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
  • Selfie: 8 MP (f/2.0, 27mm), 1080p
  • Storage: 64GB/128GB of built-in storage
  • SIM: Dual-SIM (nano-SIM)
  • Battery: Non-removable Li-Ion 2860 mAh battery
  • Misc: Fingerprint sensor

Sebelum kamu melakukan update Mi 5C ke MIUI 9 terlebih ada baiknya jika kamu melakukan beberapa hal yang saya sebutkan di bawah ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Persiapan update Mi 5C ke MIUI 9

  • Pindahkan semua data pribadi kamu yang terdapat di Mi 5C ke tempat yang aman, bisa di PC atau laptop, hal ini untuk menghindari kehilangan data jika terjadi bootloop atau hal semacamnya.
  • Charge Mi 5C hingga baterai di atas 70%, supaya tidak kehabisan baterai saat proses update.

Jika semua persiapan di atas sudah kamu lakukan saat nya men download bahan yang akan digunakan untuk update Mi 5C ke MIUI 9, berikut adalah bahannya berupa rom MIUI 9 stabil Mi 5C

Rom MIUI 9 stabil Mi 5C

  • Device Model: Xiaomi Mi 5C
  • Code Name: -
  • ROM Model: Cina Version
  • Android Version: 7.1 (Nougat)
  • Status MIUI: MIUI 9 - Stable Version
  • Version: V9.1.2.0.NCJCNEI (MIUI9)
  • Vendor: Xiaomi
  • Download Link: Download

Selanjutnya kita masuk ke tutorial langkah-langkah update Xiaomi Mi 5C ke MIUI 9, pada tutorial ini saya menggunakan aplikasi updater/pembaruan sebagai aplikasi untuk melakukan update. Kenapa harus aplikasi updater ? berikut beberapa kelebihan nya.
  • Tidak perlu melakukan UBL
  • Tidak memerlukan PC/Laptop
  • Langkah-langkahnya lebih mudah di pahami

Oke langsung saja ke langkah-langkah update Xiaomi Mi 5C ke MIUI 9 melalui updater.

Langkah Update Xiaomi Mi 5C ke MIUI 9 melalui updater

#1. Pertama Setelah rom MIUI 9 selesai kamu download, silahkan kamu pindahkan rom tersebut ke Mi 5C ke dalam folder bernama “downloaded_rom” letaknya di internal memory, jika tidak ada silahkan kamu buat sendiri folder dengan nama yang sama.

#2. Selanjutnya jalankan aplikasi updater (pembaruan jika Smartphone kamu menggunakan bahasa indonesia) yang ada di Redmi 4X kamu, lalu kamu klik icon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih “Choose update package” selanjutnya cari di mana rom yang sudah kamu pindahkan tadi pada langkah no 2, klik di rom tersebut, lalu pilih “OK” Untuk lebih jelas silahkan perhatikan gambar di bawah.

Update Mi 5C Ke MIUI 9 Stable Tanpa PC Via Updater

#3. Setelah kamu memilih “OK” maka akan muncul sebuah pop up, lalu pilih “Erase and update” (hal ini akan menghapus semua data yang ada di dalam Smartphone) dan proses update akan berjalan.

#4. Disini kamu hanya perlu menunggu system menyelesaikan proses update, mungkin akan memakan waktu yang cukup lama sekitar 30 menit sampai Xiaomi Mi 5C bisa masuk ke halaman home screen kembali, jadi mohon bersabar.

Jika setelah mengikuti cara di atas dan versi MIUI masih saja belum berubah, maka kamu secara terpaksa harus melakukan update ke MIUI 9 melalui TWRP atau Mode Fastboot via MI Flash. Karena pada praktek nya tidak semua berhasil melakukan update melalui updater.

Demikianlah tutorial update Xiaomi Mi 5C ke MIUI 9 Stable tanpa PC melalui Updater. Jika kamu masih ragu dan masih ada yang mau ditanyakan silahkan beri tahu saya melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah berkunjung dan Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »